Microsoft Excel

SEJARAH PERKEMBANGAN MICROSOFT EXCEL

 

PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .

 

1) SEBELUM ADA EXCEL

Program lembar kerja kalkulasi atau electronic spreadsheet merupakan impian dari Dan Bricklin dan Bob Frankston.Mereka mewujudkannya pada sebuah program yang diberi nama VisiCalc pada akhir tahun 70-an ketika personal computer mulai merambah lingkungan perkantoran.Program ini dibuat untuk dioperasikan di bawah computer Aplle II.Ketika IBM PC muncul pada tahun 1982,saat VisiCalc dipersiapkan untuk dapat beroperasi di sistem baru ini Mich Kapor dan Jonathan Sachs di Cambridge,Massachusetts telah mempersiapkan saingannya melalui Lotus Development Corporations,produk yang mereka beri nama 1-2-3.Program inilah yang kemudian meroket bersama berkembangnya IBM PC hingga beberapa tahun kemudian Lotus 1-2-3 dijadikan standar proram lembar kerja kalkulasi.Pengguna komputer IBM rela merogoh kantongnya senilai $ 459 untuk paket program Lotus 1-2-3 versi 1.( bandingkan Excel 2002 dijual denga harga resmi sekitar $ 105 saja saat lounching )*.Saat itu program-program lain yang mengkhususkan diri di bidang spreadsheet diantaranya adalan MultiPlan yang dibuat oleh Microsoft.Hingga saat itu program-program teresebut masih dalam tampilan teks atau character based ( bukan WYSIWYG seperti sekarang )

 

2) VERSI-VERSI EXCEL

 

EXCEL 1

Sebagai pengembangan dari Multiplan,pada tahun 1985 Microsoft Corporation mulai merilis Excel dengan tampilan grafis yang dikenal dengan istilah What You See Is What You Get alias apa yang terlihat di layer monitor akan sesuai engan apa yang dihasilkan jika dicetak.Program ini dibuat untuk beroperasi di bawah computer Macintosh yang sistem operasinya sudah berbasis grafis.

 

EXCEL 2

Versi perbaikan ini muncul tahun 1987.Sebenarnya program ini dipersiapkan unutk dapat beroperasi di luar computer Macintosh yang sistem operasinya belum berorientasi grafis.Untuk itulah diperlukan sistem operasi baru Microsoft Windows.Dengan demikian bagi pengguna IBM PC, inilah versi pertama munculnya Microsoft Excel for Windows.

 

EXCEL 3

Pada akhir 1990 dirilis Microsoft Excel 3 for Windows.Versi ini menawarkan banyak perkembangan yang sangat berarti,seperti mulai digunakannya toolbar,kemampuan membuat gambar ( drawing tool ),worksheet outlining,dukungan add-in,grafik 3-D,workgroup editing dan sebagainya.

 

EXCEL 4

Excel 4 mulai merambah pasaran pada musim semi tahun 1992.Munculnya program ini bertepatan dengan makin populernya sistem operasi windows 3.1 dan menampilkan banyak fasilitas baru.Versi inilah yang disebut sebagai first popular version.

 

EXCEL 5

Versi ini mulai diedarkan di awal 1994.versi ini membawa segudang pembaruan termasuk mulai dipakainya multisheet workbook ( sebuah workbook yang mampu bersisi lebih dari 1 lembar kerja ).Pada versi ini pula mulai dipergunakan bahasa pemrograman VBA.Di versi ini Excel meninggalkan istilah database dan menggunakan istilah list ( daftar ),dan dilengkapi dengan fasilitas Pivot Table.


EXCEL 95 atau EXCEL 7**

Beredar pada musim panas tahun 1995.Ini adalah versi pertama dari excel 32 bit yang beroperasi di bawah sistem operasi 95.Di sini disertai banyak fasilitas yang memudahkan pemakai,tetapi pada dasarnya tidak banyak bedanya dengan Excel 5.

 

EXCEL 97 atau EXCEL 8

Versi ini menawarkan tampilan dan kemampuan baru dari VBA developer.Tampilan toolbar dan menu diperbarui,fasilitas online help,jumlah baris dalam lembar jumlahnya bertambah 4 kali lipat.Excel 97 juga mempunyai file format yang berbeda ( tidak dapat dibuka pada versi sebelumnya ).Dilengkapi dengan Conditional Formatting,Data Validation dan AutoComplete serta masih banyak lagi.

 

EXCEL 2000 atau EXCEL 9

Dirilis bulan Juni 1999 untuk menyambut milenium baru .Fasilitas barunya yang cukup signifikan adalah munculnya file format dalam HTML,kemampuan yang disebut self repair dan kemampuan menyimpan objek hingga 12 buah dalam clipboard,sehingga ada istilah multiple past untuk meletakkan lebih dari satu objek dari clipboard.Format filenya masih kompatibel dengan Excel 97.

 

EXCEL 2002 atau EXCEL 10

Dirilis 31 Mei 2001,dan menjanjikan banyak kemudahan bagi pemakainya.Tampilan grafis yang baru,file recover yang menjamin tersimpannya keadaan terakhir suatu file ketika terjadi masalah ( hang ).Fasilitas error checking smart tag yang memberi peringatan jika kemungkinan terjadi kesalahan pada suatu sel.Disediakannya Function Argumen Tool Tip yang akan dapat terhubung dengan help sehingga mampu.

menginformasikan apa maksud argument yang harus diisikan pada suatu fungsi Excel.

Disamping versi-versi utama yang disebutkan diatas,Microsoft masih juga mengeluarkan versi-versi perbaikan pada setiap release Excel yang diras mempunyai kelemahan.Sebagai Contoh,Excel 97 disertai SR1 dan SR2 sebagai versi perbaikan.Pada Versi 2002 juga ada perbaikan terutama pada fasilitas Drawing Tool.

 

MICROSOFT EXCEL 2003

Microsoft Excel 2003, untuk selanjutnya disingkat Excel (untuk memudahkan membaca tutorial ini), adalah program aplikasi yang bisa digunakan untuk menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode pembuatan tabel, formula dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data-data penelitian, data usaha dan atau hal-hal lain yang berhubngab dengan fungsi excel dalam kehidupan sehari-hari.

 

MICROSOFT EXCEL 2007

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

 

MICROSOFT EXCEL 2010

Office 2010 adalah lebih “berbasis peran” dari versi sebelumnya Ada fitur disesuaikan dengan karyawan dalam “peran seperti penelitian dan pengembangan profesional, orang penjualan, dan sumber daya manusia.”. Dalam pelaksanaannya Internet, Office 2010 menggabungkan fitur dari SharePoint Server dan meminjam dari “Web 2.0” ide.Microsoft Office 2010 termasuk diperbarui dukungan untuk format ISO / (OOXML) file IEC 29500:2008, Standar Internasional versi Office Open XML. Office 2010 menyediakan dukungan untuk membaca ECMA-376, membaca / menulis dukungan untuk ISO / IEC 29500 Transisi, dan membaca dukungan untuk ISO / IEC 29500 Ketat  Pada masa pra-rilis (beta) bentuk, bagaimanapun, Office 2010 hanya mendukung varian Transisi, dan bukan Ketat. Maksud dari. ISO / IEC adalah untuk memungkinkan penghapusan varian Transisi dari ISO / IEC versi sesuai standar OOXML. Microsoft Office 2010 mendukung OpenDocument Format (ODF) 1.1, yang merupakan standar OASIS. Fitur baru juga termasuk built-in tool screen capture, alat removal latar belakang, modus dilindungi dokumen, SmartArt baru template dan ijin penulis. The 2007 “Office Button” diganti dengan tombol menu yang mengarah ke menu file lengkap-jendela, yang dikenal sebagai Backstage View, memberikan akses mudah ke fungsi-fungsi tugas-berpusat seperti pencetakan dan berbagi. Sebuah regresi aksesibilitas penting dari tahun 2007 adalah bahwa skor tombol menu lebih buruk dengan perhitungan aksesibilitas hukum Fitts dibanding versi sebelumnya. Antarmuka Ribbon dimodifikasi hadir di semua aplikasi Office, termasuk Office Outlook, Visio, OneNote, Proyek, dan Publisher. aplikasi Office juga memiliki Jumplists fungsional di Windows 7, yang akan memungkinkan akses yang mudah ke item baru dan tugas yang relevan ke aplikasi tersebut  Fitur Office 2010

 

Sebelum mulai memasuki pembahasan Microsoft Excel, ada baiknya kita mengenal lebih dulu bagaimana tampilan Microsoft Excel itu, beserta beberapa istilah-istilah umum yang akan digunakan.

Dalam Microsoft Excel terdapat 4 komponen utama yaitu :

  1.        Row Heading

Row Heading (Kepala garis), adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65.536 baris.

  1.        Column Heading

Column Heading (Kepala kolom), adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Sama halnya dengan Row Heading, Column Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Kolom di simbol dengan abjad A – Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita akan menjumpai kolom AA, AB s/d AZ lalu kolom BA, BB s/d BZ begitu seterus sampai kolom terakhir yaitu IV (berjumlah 256 kolom). Sungguh suatu lembar kerja yang sangat besar, bukan. (65.536 baris dengan 256 kolom).

  1.        Cell Pointer

Cell Pointer (penunjuk sel), adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotongan antara kolom dengan baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris. Contoh. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A dengan baris 1.

  1.        Formula Bar

Formula Bar, adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda ‘=’ . Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel A1 dengan B1, maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1 .

 

HEADER & FOOTER

Seperti pada Microsoft Word, kita juga dapat menambahkan header dan footer. Caranya :

Pilih tab Insert è Header Footer

o   Menggunakan Rumus (Formula)

Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah ;

 

Lambang Fungsi
+ Penjumlahan
Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase

 

Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang (-)

o   Menggunakan Fungsi

Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel, yang akan membantu dalam proses perhitungan. kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Pada umumnya penulisan fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().

 

Beberapa Fungsi yang sering digunakan:

  1.        Fungsi Average(…)

Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data(range).  Bentuk umum penulisannya adalah  =AVERAGE(number1,number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya.

  1.        Fungsi Logika IF(…)

Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut ;

Lambang Fungsi
= Sama dengan
< Lebih kecil dari
> Lebih besar dari
<= Lebih kecil atau sama dengan
>= Lebih besar atau sama dengan
<> Tidak sama dengan
  1.        Fungsi Max(…)

Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah =MAX(number1,number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya.

  1.        Fungsi Min(…)

Sama halnya dengan fungsi max, bedanya fungsi min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data numerik.

  1.        Fungsi Sum(…)

Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1,number2,…). Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan.

  1.        Fungsi Left(…)

Fungsi left digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kiri, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.

  1.        Fungsi Mid(…)

Fungsi ini digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah dari suatu teks. Bentuk umum pemakaian fungsi ini adalah =MID(text,start_num,num_chars). Artinya mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num, sebanyak num_char.

  1.        Fungsi Right(…)

Fungsi ini merupakan kebalikan dari fungsi left, kalau fungsi left mengambil sejumlah karakter dari sebelah kiri, maka fungsi mengambil sejumlah karakter dari sebelah kanan teks.. Bentuk umum penulisannya adalah =RIGHT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kanan, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.

  1.        Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP

Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel secara horizontal (VLOOKUP) atau secara vertikal (VLOOKUP). Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah :

=HLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Row_index_num,…)

=VLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Col_index_num,…)

Dari rumus diatas, dapat dilihat bahwa bedanya hanya pada nomor indeksnya saja, kalau kita pakai HLOOKUP, maka digunakan nomor indeks baris (Row_index_num), tapi kalu pakai VLOOKUP digunakan nomor indeks kolom (Col_index_num). Nomor indeks adalah angka untuk menyatakan posisi suatu kolom/baris dalam tabel yang dimulai dengan nomor 1 untuk kolom/baris pertama dalam range data tersebut.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s